Entri Populer

Selasa, 05 September 2017

JIKA ATM HILANG / TERTELAN MESIN ATM

Berawal dari pengalaman saya ketika kehilangan ATM Bank "M". Seingat saya, transaksi terakhir adalah tarik tunai di ATM Kantor Cabang. Ada kemungkinan ATM tertinggal atau ATM tertelan ke dalam mesin ketika tidak ada "tangan usil" yang mengambilnya. Sempat khawatir ketika ATM tertinggal, ada orang lain setelahnya yang mengambil. Resikonya adalah uangnya dikeruk tangan jahat tersebut, walau kemungkinan itu kecil. Tetapi bersyukurnya selain ATM saya mempunyai fasilitas M-Banking. Dengan menggunakan M-Banking segera saya pindah saldo sisa ke Bank "sebelah". Inilah alasan saya untuk tidak saya blokir ATM saya, saya masih berharap ATM ketemu dan saya tidak mau repot membuka blokir lagi. Apalagi saldo tersisa sudah aman di Bank sebelah. Saya baru mengetahui kehilangan ATM satu hari setelahnya. Pada hari berikutnya saya menuju ke Pos Security Bank M untuk menanyakan, siapa tahu ada yang menemukan dan mengembalikannya ke Pos Security. Saya sudah terbayang prosedural berbelit yang bakal menimpa saya, karena biasanya fihak Bank akan menanyakan surat kehilangan dan lain-lain. Ternyata jawaban berbeda dari pak Security membuat saya adem. "Bapak langsung saja ke customer service untuk membuat ATM yang baru, dan sampaikan kalau ATM anda tertelan mesin ATM" segampang itukah.? batin saya Melangkah saya ke customer service setelah sebelumnya mengambil nomor antrian. Tanpa prosedur berbelit hanya mengisi beberapa dokumen identitas diri dan surat pernyataan bahwa ATM tertelan, sya sudah diberi ATM baru sesuai ATM saya yang lama. Setelah proses di customer service selesai aya diarahkan ke teller untuk mengambil nomor PIN ATM sekaligus mengaktifkan ATM tersebut. Ternyata sangat simple dan sederhana sekali pengurusan penggantian ATM yang tertelan -atau bisa jadi hilang jatuh-. tanpa perlu mengurus surat kehilangan dll. Cukup datang ke Bank untuk minta penggantian ATM baru. Saya dapat info bahwa ATM yang lupa dicabut (diambil) setelah transaksi , dalam jangka waktu tertentu akan masuk kembali ke mesin (tertelan) dan langsung dihancurkan oleh mesin. Solusinya adalah minta ganti kartu baru. Mudah Bukan.? Semoga bermanfaat

1 komentar:

ecaraku mengatakan...

walah beruntung dong mas bisa pakai alesan tertelan, soalnya ga semua bank bisa begitu kaya pengalaman adik saya yg atm bank B*A ilang dia alesan tertelan mesin tapi ketahuan ilang bukan ketelan :)